ASPEK DESAIN RUMAH MINIMALIS

Sekalipun dalam beberapa literatur dijelaskan bahwa cikal bakal gaya rumah minimalis telah ada sejak abad ke-18, arsitektur minimalis modern baru berkembang pesat pada pertengahan abad 20 hingga saat ini. Hal ini disebabkan karena desain rumah minimalis bukan sekedar gaya arsitektur, akan tetapi menjadi sebuah solusi akan sebuah perubahan zaman seiring pola hidup dan aktifitas manusia modern yang tinggi serta keterbatasan sumberdaya alam.

Secara garis besar desain rumah minimalis memiliki beberapa aspek yaitu:


1.Aspek penghematan uang, dimana ruangan yang fungsi nya tidak begitu penting akan dihilangkan dari desain tata ruang. Ini berkaitan dengan keterbatasan lahan, terutama didaerah perkotaan. Contoh nya adalah dihilangkan nya kamar tamu ( karena zaman sekarang jarang sekali tamu yang datang akan menginap dirumah kita) ataupun ruang keluarga (digantikan dengan ruang makan yang menyatu dengan pantry)




2.Aspek penghematan massa bangunan, yaitu ukuran bangunan dibuat sesuai dengan kebutuhan tanpa berlebihan. Ini berkaitan dengan masalah keterbatasan lahan. Contoh nya adalah pengurangan ukuran tamu karena ruang tamu sangat jarang sekali digunakan.



3.Aspek penataan ornamen yang sederhana, ringan , lugas, tegas tanpa perlu terlalu banyak tambahan detail yang memerlukan waktu dan biaya yang lebih pada saat pengerjaan nya.


4.Pemilihan fasade, akan cenderung menampilkan bentuk asli bangunan dengan meng-ekspose struktur dan bahan yang digunakan sebagai daya tarik dari desain rumah minimalis.


5.Aspek penghematan energi, yang diwujudkan dengan cara memaksimalkan pencahayaan alami dengan cara membuat jendela dengan ukurna lebar maupun penggunaan partisi dinding berbahan kaca atau glass block.


6.Aspek pemilihan warna, umum nya akan didominasi oleh warna2 dasar seperti abu2, hitam dan putih. Untuk menghindari kejenuhan pada beberapa bagian sengaja dipakai warna2 yang mencolok seperti kuning, orange, merah dll.



Meninjau beberapa aspek diatas terlihat bahwa desain rumah minimalis membutuhkan kreatifitas tersendiri dari perancang nya untuk menghasilkan bangunan rumah dengan desain minimalis yang mempunyai karakter tersendiri. Pemilihan komposisi bentuk, struktur dan bahan yang tepat tentu nya akan mampu menghasilkan desain rumah minimalis yang ideal, unik dan disukai oleh orang yang melihat nya.

dirangkum dari blog tetangga,

0 komentar: