Tips membeli rumah

Rumah adalah suatu kebutuhan pokok bagi pasangan suami istri, dalam membeli rumah sebenar nya terdapat banyak pilihan ( bagi yang berduit) tapi bagi karyawan yang gaji nya pas2an tentu membeli rumah bukanlah perkara mudah. Kebanyakan karyawan memilih pembelian melalui KPR dan type rumah yang dibeli adalah rumah sederhana sehat.

Seiring dengan meningkat nya harga tanah dan bahan bangunan maka harga jual rumah sederhana sehat juga meningkat. Untuk saat ini harga jual rumah sederhana sehat sekitar 50-an juta, dengan subsidi dari pemerintah memang dengan cicilan hanya 300 ribuan per bulan cukup terjangkau bagi kaum buruh. Tapi jangan senang dulu sebab subsidi ini hanya berlaku selama 2 tahun pertama setelah itu konsument seperti dilepas oleh pemerintah.

Bunga mengikuti pasar dan kalau dikonversikan kedalam cicilan bulanan maka sekitar 800-900 ribuan. Tentu ini menjadi kabar buruk bagi kaum buruh yang hanya bergaji UMR dengan kenaikan rata2 pertahun yang paling besar hanya 10% maka mereka harus putar otak bila ingin membayar cicilan KPR nya.

Membeli rumah second diperkampungan sebenar nya bisa menjadi pilihan cermat, sebab harga rumah di perkampungan untuk luas kurang dari 60m2 cukup terjangkau bagi kaum buruh. Jadi bagi anda2 yang bergaji UMR lebih baik anda rajin menabung sehingga kumpul uang sekitar 30-45 jt-an. dengan hanya menyisihkan 500 rb/bulan maka dalam jangka waktu 5 tahun maka anda sudah punya uang sekitar 30jt-an, dan ini cukup untuk membeli rumah kampung yang sangat sederhana tetapi tetap bisa ditinggali. Seiring dengan bertambah tahun maka kemungkinan anda akan dapat menambah tabungan anda karena sekarang anda sudah memiliki rumah sendiri dengan begitu uang yang semula anda alokasikan untuk membayar kontrak rumah bisa anda tabung untuk merenovasi rumah anda.

www.murni-design-rumah.blogspot.com
www.murni-design.blogspot.com

0 komentar: